Selasa, 25 Februari 2014
BAB 1
Definisi Bidang Tahun 1994
Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Mereka yang setuju dengan istilah teknologi pembelajaran mempunyai dua pendapat. Pertama, karena kata pembelajaran lebih sesuai dengan fungsi teknologi. Kedua, karena kata pendidikan lebih sesuai untuk hal-hal yang berhubungan dengan sekolah atau lingkungan pendidikan. Mereka yang setuju dengan istilah teknologi pendidikan berdalih bahwa karena pembelajaran (instruction) dianggap oleh banyak orang sebagai bagian dari pendidikan, maka sebaiknya dipakai istilah yang memberikan cakupan yang lebih luas. Istilah teknologi pendidikan lebih lazim digunakan di Inggris dan Kanada, sedangkan teknologi pembelajaran saat ini lebih banyak digunakan di Amerika Serikat.
Definisi yang ditetapkan oleh AECT tahun 1977 juga membedakan teknologi pendidikan dengan teknologi pembelajaran. Teknologi pendidikan digunakan untuk menjelaskan bagian (subset) pendidikan yang menyangkut segala aspek pemecahan permasalahan belajar menusia melalui proses yang rumit dan saling berkaitan. Sedangkan teknologi pembelajaran didefinisikan sebagai bagian (subset) dari teknologi pendidikan dengan alasan bahwa instruksi (atau pembelajaran) merupakan bagian dari pendidikan yang bersifat terarah (purposive) dan terkendali (controlled) saja.
Menurut definisi 1994 teknologi pembelajaran adalah: teori dan praktek; desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian; proses dan sumber; dan untuk keperluan belajar. Teori terdiri dari konsep, bangunan (konstruk), prinsip, dan proposisi yang memberi sumbangan terhadap khasanah pengetahuan. Sedangkan praktek merupakan penerapan pengetahuan tersebut dalam memecahkan permasalahan.
Gambar 1.1 Definisi Teknologi Pembelajaran
Model dalam teknologi pembelajaran:
Model prosedural: menguraikan cara pelaksanaan tugas, membantu menghubungkan teori dan praktek.
Model konseptual: memvisualkan hubungan.
Proses adalah serangkaian operasi aatau kegiatan yang diarahkan pada suatu hasil tertentu. Contoh studi tentang proses adalah penelitian yang dilakukan mengenai kaitan strategi pembelajaran dengan cara belajar dan media. Strategi pembelajaran adalah metode untuk menentukan pilihan dan tata urutan belajar. contoh dari proses misalnya sistem penyampaian seperti konferensi jarak jauh; cara pembelajaran seperti misalnya belajar mandiri; model pengajaran seperti misalnya pendekatan induktif; dan model pengembangan pembelajaran seperti misalnya desain sistem pembelajaran. Sumber adalah asal yang mendukung terjadinya belajar, termasuk sistem pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan.
Tujuan teknologi pembelajaran adalah untuk memacu (merangsang) dan memicu (menumbuhkan) belajar. Dalam definisi disebutkan belajar menyangkut adanya perubahan yang relatif permanen pada pengetahuan atau perilaku seseorang karena pengalaman.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar